JAMBU BIJI, HEMAT BERMANFAAT

Pengertian
Pastinya Anda tahu buah yang satu ini: Jambu biji. Kadang-kadang orang juga menyebutkan buah ini, jambu batu, jambu siki atau jambu klutuk. Buah dengan nama latin Psidium guajava adalah tanaman tropis yang berasal dari Brasil, datang ke Indonesia melalui Thailand. Ciri-ciri dari jambu biji ini adalah kulit buah berwarna hijau dengan daging buah berwarna merah atau putih. Rasanya asam manis. Karakteristik khususnya yaitu memiliki banyak biji.

Manfaat
Jambu biji sangat berguna bagi kesehatan, karena banyak mengandung vitamin, seperti vitamin C, dan serat. Warna daging buah yang merah kaya akan vitamin A untuk kesehatan mata dan antioksidan. Buah ini sangat cocok dikonsumsi pada siang hari, karena sifatnya dapat mendinginkan badan.
Karena kandungannya, jambu biji dijadikan bahan obat tradisional oleh masyarakat untuk menyembuhkan batuk dan diare. Untuk mencegah dan mengobati diare, yaitu 3 helai daun jambu biji direbus dengan 2 gelas air putih, lalu disaring, dan diminumkan pada penderita diare. Jus jambu biji "bangkok" juga dianggap berkasiat untuk membantu penyembuhan penderita demam berdarah dengue.

Wallahu a'lam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar